Fakta Menarik Registrasi Ulang Kartu Operator Yang Harus Kamu Tahu

Akhir tahun lalu, yakni 2017, Pemerintah melalui Kominfo membuat sebuah sistem baru yang dipakai untuk para pengguna kartu operator yang ada di Indonesia. Tujuan dari pembuatan sistem baru ini sendiri tak lain adalah untuk menanggulangi tindakan penipuan yang memakai sarana kartu operator. Dimana, jenis penipuan ini sendiri memang sudah sangat marak terjadi di Indonesia dan tentu sangat meresahkan masyarakat indonesia. Menurut data yang didapat, registrasi ini bisa dilakukan tanggal 31 Oktober 2017 sampai Februari 2018.

Fakta Registrasi Ulang Kartu Operator

Cara untuk melakukan registrasi ini sendiri juga cukup mudah dan sederhana. Caranya adalah hanya mengirim SMS ke 4444 dengan isi ULANG#NIK#NOKTP#. Namun, tidak sedikit sekarang ini yang kesulitan karena selalu gagal ketika proses registrasi. Jika hal tersebut terjadi, disarankan langsung menuju ke gerai operator dari kartu yang kamu miliki.Nah, sebelum melakukan registarasi ini, ada baiknya para pengguna kartu operator tahu apa saja fakta didalam registrasi ini. Agar tidak semakin penasaran, berikut adalah fakta registrasi ulang kartu operator yang harus kamu tahu:

  • Berencana Ingin Punya Nomer Berbeda?

Pada dasarnya, ketentuan dari Pemerintah adalah satu NIK hanya bisa melakukan pendaftaran nomor sebanyak 3 nomor yang berbeda saja. Sehingga, kamu tak akan bisa melakukan pergantian nomor seenaknya dan membuangnya sesering mungkin. Namun, jika karena tugas dan pekerjaan mengharuskanmu untuk mempunyai 3 nomor lebih, ada trik khusus yang bisa dipakai. Dimana, kamu bisa melakukan registrasi ulang ini di gerai penyedia layanan operator seluler yang kamu gunakan. Biasanya, di kota-kota besar sudah ada gerai ini.

  • Kode ID Milik Outlet Lengkap

Bagi kamu yang merupakan pengguna nomor operator yang masih baru, pasti akan sering menemukan fakta yang ini. Ya, umumnya agar kartu operator yang kamu baru beli bisa aktif atau bisa digunakan, biasanya membutuhkan kode ID Outlet. Biasanya, ID Outlet ini merupakan sebuah ID yang bisa didapat ketika kamu membeli nomor operator tersebut. Nah, khusus kamu yang malas untuk ke konter tersebut, ada beberapa nomor yang bisa digunakan, yakni :

ID#X1822 untuk Axis, Simpati, XL. AS, Telkomsel.

ID#EG9AX untuk Indosat Ooredoo, XL dan Axis

ID#X0120 untuk Three Tri, XL dan Axis

  • Cara Cek Registrasi Berhasil

Nah, ketika kamu sudah melakukan registrasi dan berhasil atau lolos, akan ada hasil verifikasi dari Kominfo dalam bentuk SMS. Dimana, SMS tadi akan menyebutkan bahwa nomor yang kamu miliki sudah berhasil untuk melakukan proses verifikasi ulang tersebut. Bagi kamu yang merasa belum terlalu yakin, bisa langsung cek berhasil atau tidaknya verifikasi ini dengan cara :

Telkomsel ke website : https://telkomsel.com/cek-prepaid

Indosat dengan cara kirim SMS INFO#NIK dan kirim ke 4444 atau INFO#MSISDN dan kirim ke 4444.

XL dengan cara cek di *123*4444#

Tri ke website https://registrasi.tri.co.id

Smartfren ke website https://my.smartfren.com/check_nik.php

Ceria ke website https://my.net1.co.id

Dengan melakukan cek registasi ini, maka kamu akan bisa lebih yakin apakah registrasi yang kamu lakukan ini berhasil atau tidak. Jika tidak dan secara tidak langsung kamu tak menyadarinya, maka yang pasti kartu operator yang saat itu kamu miliki akan langsung ke blokir. Maka, ada baiknya mengcek apakah status registrasi ulang yang kamu lakukan ini berhasil atau tidak agar nanti tidak membuatmu dirugikan. Sekian pembahasan yang bisa kami berikan, semoga bisa membantu dan terima kasih sudah berkunjung.

Fakta Menarik Registrasi Ulang Kartu Operator Yang Harus Kamu Tahu | admin | 4.5